Senin, 28 September 2020

Membuat Nama Channel Youtube

Membuat nama channel youtube merupakan salah satu hal paling utama dan ini wajib kamu perhatikan. Kamu harus sangat memperhitungan apa nama channel youtube yang kamu pilih.

Kalau cuma asal bikin tentu mudah karena kamu cukup mengetikkan nama apapun. Tapi bukan begitu caranya jika youtube channel kamu untuk menjadi sumber uang.

Menentukan nama terbaik Youtube memang bukanlah tugas yang mudah, karena semua nama youtube channel yang unik dan bagus tentu sudah digunakan. Tapi dengan pertimbangan-pertimbangan khusus yang sebentar lagi kamu dapatkan, akan sangat membantu sukses lebih cepat menjadikan youtube channel kamu berkembang pesat.

Nama youtube kamu boleh di ganti kapan saja HANYA SAJAK sangat tidak disarankan. Dan ini sangat buruk tentunya. Maka sejak pertama harus dibuat dengan sangat meyakinkan bahwa nama channel youtube kamu sudah hasil pilihan terbaik dan tepat.

Nama gonta-ganti akan merusak reputasi saluran channel dan berpotensi menghilangkan viewer yang sudah ada.

Nama channel youtube yang bagus bisa menjadi alat ampuh untuk menarik viewer baru.

SEKALI-KALI JANGAN LAKUKAN INI!
Karena begitu pentingnya nama Youtube, maka :
Jangan menggunakan kata-kata buruk, jorok, ataupun umpatan
Jangan menggunakan frasa yang sudah klise/populer/pasaran/banyak digunakan
Jangan menggunakan terlalu banyak angka dan simbol

Membuat Nama Channel Langkahnya begini :
1. Tetapkan terlebih dahulu kategori nama channel.
Umumnya nama channel masuk pada 4 kategori : Nama , Merk, Kategori, Deskripsi.
Jika kamu sudah terkenal kamu bisa menggunakan nama depan dan belakang Anda. Ini pendekatan termudah dalam menentukan nama channel. Jika kamu tidak terkenal,sebaiknya hindari dulu meskipun tidak ada larangan.

Biasanya yang menggunakan cara ini adalah artis. Cara ini sangat cocok bagi yang sudah punya personal branding yang cukup dikenal luas.

Contohnya : Tasya Farasyah, Raditya Dika, Deddy Corbuizer.

2. Nama yang dipilih harus menjelaskan topik Anda Apa yang dibahas di channel youtube kamu? Idealnya, penonton/viewer akan langsung memahami jenis channel youtube kamu ketika mereka melihat nama channel tersebut.

Carilah frasa unik dan menarik. Kamu tidak perlu menjelaskan topik channel secara harfiah. Ingat! Cukup cari frasa yang unik dan menarik.

Contoh:
Saat kamu ingin membuat channel youtube yang berfokus pada analisis film dengan genre lucu, pilihlah nama channel “Film Kocak” atau “Nonton Komedi”.

jika kamu ingin membuat channel yang berfokus pada analisis film dengan genre horor, maka anda bisa memberi nama channel “Film Seram”

Jika channel kamu membahas analisis yang berat, politik atau geoekonomi, misalnya, maka hindari memilih frasa lucu untuk channel youtube yang akan dibuat.

3. Nama Channel unik
Jika youtube channel kamu ingin menonjol maka pilih nama yang unik dan ontetik. Jika memenukan nama yang sama atau hampir sama, lebih baik cari alternatif lainnya.

Agar kesan unik dan otentik nampak, maka bisa disiasati dengan menggunakan permainan kata atas nama Anda. Bisa dengan cara memilih dua kata yang punya akhiran suku kata yang sama atau mengulang huruf pertama yang sama. Contoh : Peci Polos ; Catatan Nathan.

4. Nama harus mudah diingat
Semakin unik nama saluran youtube Anda, maka semakin banyak kemungkinan nama tersebut diingat oleh orang. Bisa juga memilih nama channel yang lucu dan mengundang penasaran. Intinya mudah diingat. Contoh: “Londo Kampung”

5. Pilih nama sederhana dan mudah dieja
Gunakan nama channel dengan 2 – 3 frasa. Temukan yang akrab ditelinga dan muda di eja dibanding menggunakan satu kata namun sulit untuk diucapkan.

Contoh : “Masak Asyik” akan lebih mudah diingat daripada “ChooKingliciuous”

6. Punya ikatan secara pribadi
Nama saluran yotube kamu harus memiliki hubungan secara pribadi dengan kamu. Nama asli atau nama julukan bisa dipilih. Usahakan nama julukan atau nama depan plus nama julukan.

Jika kurang nyaman menggunakan nama asli, pikirkan tentang hobi atau kata-kata paling melekat dan pas untuk menggambarkan siapa diri kamu.

Contoh: Gendut Gaming, Kangsun Progres

Jika kamu ingin membuat channel YouTube komedi sekaligus mendeskripsikan diri sebagai sosok yang “jahil”, “cerdik”, dan “hiperaktif”, kamu bisa memilih nama channel “Mister Jahil”, misalnya.

8. Sesuaikan dengan penonton yang kamu sasar Temukan nama yang relevan/sesuai dengan calon penonton/viewer kamu.

Kamu menyasar orang yang butuh untuk mempelajari tips kecantikan atau memasak, misalnya. Ini mustahil melirik channel politik, betul? Kamu pilih nama channelnya : Nona Cantik ; Masak Enak.

9. Gunakan Mesin Pencari di Youtube
Cara ini sangat membantu jika kamu sudah angkat tangan karena belum menemukan satu pun nama untuk channel youtube. Cukup masukkan kata atau frasa pada kolom pencarian lalu tekan spasi. Di situ akan muncul banyak ide nama dengan frasa yang kamu masukkan.

10. Gunakan permainan kata
Jika nama yang ingin kamu pilih terdengar unik dan cerdik, serta para penonton akan lebih mudah untuk mengingatnya. Cobalah gunakan rima (pengulangan bunyi dalam kata atau suku kata), aliterasi(pengulangan huruf konsonan), atau sinonim (persamaan makna/kata beda arti sama), pelesetan atau permainan kata lainnya.

Asalkan ejaannya atau didengarnya tidak rumit dan maknanya jelas, sah-sah saja.

Contoh : Mastermatika, Masak Mania, PianoBoy TV, dan Sains Seiya

11. Gunakan satu kata sebagai nama YouTube
Nama-nama yang cukup trendi terdiri dari satu kata yang berkaitan dengan konten channel. Para penonton akan lebih mudah mengingat nama channel kamu karena namanya pendek dan berkesan.

Contoh :
Nama channel YouTube yang sederhana, di antaranya, adalah Fluxcup, Flula, dan Smosh.

13. Gabungkan dua kata yang berkaitan dengan konten video.
Contoh singkatan-singkatan sekedar melengkapi maksud ini. Dua kata yang berbeda, seperti "pemkot” (pemerintah kota), “angkot” (angkutan kota), atau “selebgram” (selebritas Instagram).

Temukan dua kata yang mencerminkan konten kanal Anda dan gabungkan kedua kata tersebut. Tulis beberapa lalu pilih mana yang paling tepat satu nama dan jadikan nama channel youtube kamu.

14.Jika kamu membuat kanal permainan video, misalnya, kamu bisa menggambungkan kata "RPG" dan "Gamers" menjadi "RPGamers".

15. Jika kamu membuat kanal mengenai sejarah seni, misalnya, kamu bisa menamainya “Obrolan Sejarah”, tetapi para penonton tidak akan tahu konten lainnya yang berbeda, seni, misalnya.

3. Sasar penonton melalui nama channel
Pahami siapa saja yang bisa menjadi penonton channel dan apa yang mereka cari dari channel. Pikirkan pula mengenai usia, minat, dan kebutuhan pribadinya. Anggaplah, misalnya, kamu ingin membuat kanal mengenai astronomi. Pikirkan mengenai kata-kata yang menarik perhatian para penggemar luar angkasa (mis. “Semesta”, “Asteroid”, atau “Galaksi”) dan gunakan kata-kata tersebut dalam nama channel. Contoh : “Kehebatan Semesta” atau “Galaksi Spektakuler”.

Mengubah nama yang sudah umum atau terlalu klise agar bagus. Nama-nama yang spesifik bisa membuat kanal Anda lebih menonjol. Nama yang terlalu umum seperti “Tips Menulis” atau “Fakta Film” terlalu umum.

Kamu bisa mengubah nama YouTube yang membosankan menjadi nama yang unik dengan memberikan kejutan untuk klise-klise klasik. Contoh, daripada menggunakan nama “Rajin Pangkal Pandai”, Anda bisa menamai kanal materi pembelajaran dengan “Rajin Pangkal Kece”.

Jangan tambahkan simbol atau angka. "Mukidi_599485" akan terasa sulit untuk diingat. Oleh karena itu, pilihlah nama yang mudah diingat seperti “Mukidi Mukiddo” atau “Venosaurus”.

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar konten youtube yang mendeskripsikan channel kamu, contoh konten youtube tutorial, music, pendidikan, hiburan, komedi, film dan animasi, jalan-jalan, acara, gaming, berita, binatang dan peliharaan, ilmu dan teknologi, olahraga, review dan unboxing, prank, make up dan beauty, dan daily blog/travel vlog.

Kemudian tentukan tujuan akhir kamu
Ketika kamu sudah membuat daftar konten lalu pikirkan apa tujuan akhir kamu dari channel tersebut, apakah untuk personal branding, branding perusahaan, atau apa yang mau kamu jual dari channel tersebut. Contoh kalau kamu ingin membranding pribadi kamu sendiri tentu akan lebih baik memberi nama dengan nama kamu sendiri, atau kalau perusahaan langsung saja nama perusahaan, dan kalaupun kamu menjual baju seperti contoh produk nike biasanya mereka lebih ke olahraga.

Buat daftar nama-nama channel yang ada
Tahap selanjutnya silakan kamu cari daftar nama channel di youtube yang satu content dengan kamu kemudian pilih yang mempunyai subscriber yang banyak, banyak disini tidak harus jutaan ya, kalau channel tersebut sudah mempunyai minimal seratus ribu subscriber maka sudah termasuk dalam kategori banyak.

Buat daftar kata
Buat daftar kata-kata yang mendeskripsikan topik channel youtube kamu, caranya persis sama seperti poin nomor satu, Cuma pada tahap ini akan kerucutkan lagi, sebagai contoh konten youtube kamu tentang gaming kemudian buat daftar kata dari gaming menjadi Minecraft, Call of duty, Mobile Legens, PUBG, Clash of Clans dan seterusnya.

Tambahkan kata apa saja pada daftar kata
Setelah membuat daftar kata-kata selanjutnya tambahkan kata yang mendekati deksripsi channel kamu, sebagai contoh konten youtube kamu tentang gaming, kemudian kamu memilih daftar kata Minecraft dan selanjutnya dari kata Minecraft tambahkan kata apa saja yang mendekati deskripsi channel kamu, seperti "Funny Minecraft" dan lainnya.

Memilih nama youtube
Kalau kamu sudah tahu konten youtube kamu tentang apa, terus kamu sudah tahu tujuan akhir channel kamu untuk apa, dan kamu telah meriset dari daftar nama-nama channel youtube yang sudah ada dan memilih yang mempunyai banyak subscriber, kemudian kamu sudah membuat daftar nama topic dari konten yang kamu pilih dan juga kamu sudah menambahkan kata-kata apa saja yang mendeskripsikan channel kamu dan tahap terahir kamu tinggal milih nama channel youtube.

Pada tahap lima kamu sudah memilih nama youtube yaitu "Minecraft Fight".

Kamu bisa gunakan namamu sebagai nama untuk channel YouTube. Khususnya jika kamu ingin praktis, tanpa perlu repot-repot memikirkan nama lainnya. Apalagi jika kamu hendak membuat namamu dikenal luas, maka cocok kalau kamu memakai namamu sendiri sebagai nama channel YouTube.

Kamu bisa pakai nama/merek bisnismu. Kalau kamu sudah punya bisnis, lalu kamu ingin memanfaatkan channel YouTube sebagai sarana promosi bisnis, kamu bisa pakai nama/merek bisnismu.

Misal, kamu punya web/punya toko online/bisnis lain, nah nama bisnis itu bisa kamu pakai di channel YouTube. Kamu bisa pakai nama yang mengandung kata kunci/kata unik tertentu. Misal, kamu bisa memilih nama berdasarkan topik video-videomu. Kalau topik videomu seputar digital marketing, maka kamu bisa pilih nama yang berkaitan dengan digital marketing. Atau bisa juga kamu pakai kata unik tertentu (yang punya arti khusus). Bisa juga kamu gabungkan kata unik dengan namamu, atau kata kunci video dengan namamu.

Cara Riset Ide Kata Kunci Pakai Google Keyword Planner Pilih nama yang singkat, supaya nama tersebut mudah diingat. Kamu juga bisa memakai bantuan tool tertentu untuk mencari ide nama.

Jika Channel YouTube kamu adalah berisi video tentang kehidupan sehari-hari maka menggunakan nama kamu tentu cocok dan membantu untuk mengkomunikasikannya.

Ini juga berlaku jika kamu ingin memulai sebuah channel tutorial dan channel memasak, Anda harus berupaya untuk mengkomunikasikan tema itu ke nama channel Anda nantinya.

Coba lihat nama channel dari YouTuber yang lain yang sudah lebih dulu memulai channel mereka, lihat apakah mereka memasukkan kata-kata seperti “Tutorial”, “Review”, atau School” ke dalam nama channel mereka sehingga membuat orang mengetahui secara persis apa yang menjadi harapan dari channel mereka itu. Meskipun Anda ingin menggunakan nama channel yang clear dan juga menonjol dari yang lainnya pastikan untuk memutar-mutar atau mengotak atik nama channel sehingga nama channel yang unik.

Memilih nama yang cocok dan sesuai isi atau konten yang telah di buat tentunya yang Anda suka misalnya

Konteng gaming
Misalnya Anda membuat channel youtube yang akan di isi dengan video-video game Anda bisa memanfaatkan nama Anda dan mengabungkan tentang gaming atau game itu sendiri misalnya : Ardi GM, Parjo Gaming, Kim Gam, Edi GM, Lek Sri Gaming dan lain-lain tentunya masih banyak pilihan yang lebih menarik

Konten edukasi
Kalau Anda menguasai konten-konten edukasi, carilah kata-kata yang ramah yang internasional karena akan kemungkinan di tonton dari berbagai negara, kata yang mungkin mewakili hal-hal yang bersangkutan contoh channel youtube edukasi yang terkenal saat ini ( yang saya tau ) Calon Sarjana, YtCrash, MAQ dan-lain-lain

Setelah Anda melihat contoh nama-nama channel youtube di atas bisa mengagas nama lain yang keren dan tentunya nama yang belum pernah di gunakan orang lain, atau mungkin tertarik mengunakan contoh kata yang mungkin cocok untuk channel edukasi misalnya : ID ID, File Video dan lain-lain

Konten Motovlog
Apabila Anda menguasai bidang tentang otomotiv dan vlogig bisa share menjadi motovlog ini mungkin agak sama dengan konteng gaming dalam memilih nama channel youtube misalnya saja : Aldi Motovlog, Sutinah MtVlog, Hery Otvlog, PakDe MoVLOG dan lain-lain.

Konten Komedi
Contoh sederhana saja misalnya : Lekkat Projek, Team Gokil dan lain-lain, di konten komedi mungkin Anda bisa mengunakan kata-kata yang mungkin lucu yang akan membuat pnonton tertarik untuk melihat atau klik

Di atas beberapa poin konten-konten yang saat ini ramai di youtube selain poin konten diatas masih banyak lagi channel-channel yang lainya, mungkin cara yang paling tepat Anda harus menyimak yang nomor tiga di bawah ini

3. Tips

Carilah nama channel youtube yang belum pernah dipakai orang lain caranya search aja di pencarian youtube dengan kata atau nama yang telah Anda pilih bila sudah ada yang mengunakan sebaiknya cari yang lain

Pilihlah nama yang pendek memiliki satu sampai dua kata yang tidak terlalu berat, bertujuan untuk penonton mengingat nama saluran atau channel youtube Anda, dirasa suatu hari ingin mencari dan ingin menonton konten-konten Anda maka akan mudah untuk menemukanya kembali. Nama channel youtube mudah dicari Selain memikirkan kreativitas dan sesuatu yang anti mainstream, kamu juga harus memikirkan nama channel YouTube yang mudah dicari orang supaya nantinya akan mudah ditemukan pada pencarian YouTube itu sendiri. Berikut beberapa inspirasi nama yang mungkin sangat familiar atau dikenal oleh netizen

1. Menambahkan Official yang diikuti oleh Nama Kamu
2. Menggabungkan beberapa nama menjadi satu
Banyak orang yang menggabungkan beberapa nama mereka menjadi satu dan membuat nama channel youtube mereka bersama sama. Seperti misalnya pasangan suami istri Rafi Ahmad dan Nagita Slavina, mereka membuat nama RANS, atau mungkin mimin bernama Muhammad Reza dan calon istri mimin namanya adalah Bella Lestari, maka nama yang mungkin untuk penggabungan itu adalah MBL atau REBEL, mungkin.
3. Menambahkan akhiran TV Ini juga cukup banyak yang menggunakan, Misalkan kamu bernama Ucok Pardomuan, maka kamu bisa menamakan channel youtube mu dengan nama UCOK TV atau PARDOMUAN TV. Artinya kamu punya channel TV sendiri, bukan?

4. Membuat tambahan istilah niche untuk nama channel mu Misalkan sobat kósngosan punya channel dengan topik Game, kamu bisa menambahkan namamu dan kata "Gaming" di akhiran, seperti contoh HARAHAP GAMING. Atau kamu ingin buat channel tentang masakan, bisa tambahkan HARAHAP FOOD atau HARAHAP RASA, dsb.
5. Membuat nama BRAND benar benar unik dan berkesan untuk kamu

Hal ini memang menjadi kesukaan banyak youtuber, ketika mereka sudah punya brand tersendiri, maka bisa langsung membuat nama tersebut. Bisa jadi brand itu berasal dari bisnis mereka, nama blog, orangtua, kerabat,perusahaan dan sebagainya. Seperti misalnya channel KOSNGOSAN.COM yang mimin buat, berasal dari nama domain blog ini.

6. Menambahkan "Channel" sebelum nama

Selain itu kamu juga bisa menambahkan kata "Channel" ke dalam nama channel youtube mu, misalkan mimin punya nama Reza Harahap, mimin bisa tambahkan nama "Channel Harahap" atau "Reza Channel". Ini menjadi pilihan buat mereka yang tidak ingin muluk muluk menentukan nama channel youtube nya.

7. Pilihan terbaik, membuat nama channel sama persis dengan nama kamu ada banyak sekali youtuber yang memberikan nama channel youtube mereka dengan nama asli nya, apa adanya. Sebut saja Dedy Corbuzier, Raditya Dika, Atta Halilintar, Ria Ricis dan sederet youtuber terkenal lainnya. Buat kamu yang ingin membuat nama asli, tidak masalah. Asalkan kamu juga bisa menyajikan konten yang khas tentang dirimu sendiri.

Nama channel youtube musik Channel dengan konten musik di dalamnya memang terbilang rentan terhadap copyright atau hak cipta. Apalagi kamu suka mengcover lagu-lagu yang sedang viral. Akan tetapi berbeda bila sobat kosngosan memang benar-benar bisa menciptakan lagu atau musik yang baru untuk kemudian dijual di industri musik. Berikut beberapa rekomendasi nama channel khusus musik yang mungkin bisa menginspirasimu :

1. Sunday Lazy Music
2. Wave Music
3. Royal Music
4. Golden Music
5. BrainWave
6. AnyTime Music
7. Old Pop Music
8. White Hill Music
9. IndoPop
10. PopMusicNesia
11. PodCast Music
12. Hi-Fi Stereo
13. Indo DJ
14. SongLands
15. Symphony
16. 3D Audio
17. B'Acoustic
18. Song of Style
19. Music Notes
20. Street Music
21. Tambahkan sendiri sesuai kreasi dan inovasimu ya ...

Nama channel youtube gaming
Seorang gamers atau pecinta game bisa menjadi youtuber terkenal seperti PewDiePie, dimana kontennya banyak mengandung rekaman bagaimana dia bermain game dengan penyampaian yang lucu dan menarik. Berikut beberapa inspirasi nama kanal YouTube khusus game ala kośngosan :

1. IndoGame
2. GameSin
3. GameShow
4. Work to Game
5. Game On!
6. Game School
7. RoomGame
8. NeoGamer
9. GameNesia
10. JavaGameLand
11. Borneo Gaming
12. Andalas Gaming
13. Horas Gaming
14. GameChuck
15. ArekGaming
16. AmbyarSquad
17. Game of Sedulur
18. JancookGame
19. CakGem
20. Game'Skuy
21. Tambahkan sendiri sesuai kreasi dan inovasimu ya ...


Nama channel youtube makanan
Bidang kuliner atau makanan memang masih banyak penggemarnya di Indonesia. Mulai dari panduan cara membuat makanan tertentu, berbagiresep atau sekadar hunting berburu makanan pinggir jalan. Sobat kosngosan bisa memulai channel YouTube khusus kuliner ini dengan memikirkan mengenai nama yang akan mimin berikan dibawah ini :

1. Anak Kuliner
2. Kuliner Hits
3. JajananJalanan
4. Kuliner Hunter
5. Food TV
6. Makan, Bang!
7. Atjeh Kuliner
8. Warisan Nusantara
9. Khas Cita Rasa
10. Icip Merakyat
11. Intip Resep
12. Jejak Makanan
13. Grebek Mamank
14. Maniak Pedaz
15. The Java Food
16. Kuliner Idola
17. Ngoprek Taste
18. Kepo Rasa
19. Pasukan Makan
20. Doyan Nambah
21. Tambahkan sendiri sesuai kreasi dan inovasimu ya ...

Nama channel youtube unik
Nama-nama yang unik cenderung disukai oleh banyak orang dan mudah untuk diingat. Apalagi sudah sampai viral maka kamu tidak perlu lagi untuk melakukan teknik marketing yang massif. Sebut saja seperti iklan binomo yang sempat viral. Berikut adalah beberapa ide nama channel yang unik dan kreatif dari kosngosan :

1. Endut Kyut
2. Menantu Idaman
3. BangoBego
4. MasMas Kepo
5. BankToyib
6. Channel Mamank
7. .TAI Official
8. KumpulKebo
9. Babank Tamvan
10. Lord Santuy
11. Rayon Terdekat
12. Neraka Jalur VVIP
13. Aku Tahu Kamu Tempe
14. Kuproy Official
15. 90an Vs 20an
16. Milenial Kere
17. Pengangguran Berkelas
18. Malin Ku Undang
19. Jancookers
20. Kebelet Pipis
21. Tambahkan sendiri sesuai kreasi dan inovasimu ya ...


Nama channel youtube yang belum ada
Nama-nama yang belum ada tentu saja akan sangat potensial untuk sobat kosngosan pakai sebagai nama channel YouTube mu. Karena selain tidak pasaran kamu bisa menjadi unik dan berbeda dari orang lain. Berikut beberapa nama YouTube yang mungkin belum ada di Indonesia saat ini

1. Anak Indie-GO
2. Blasteran Lokal
3. Peribumi
4. 2023 Ganti Mertua!
5. Good Mood Food
6. Inzaf, Nak
7. Kere ;Aktif
8. Alumni Corona
9. Suntik Solikhin
10. Ojol-ALI
11. Generasi TikTok
12. Tuman
13. Hiburan OrangTua
14. Channel Bucin
15. The Power of Kepepet
16. SKS - Sistem Kebut Semalam
17. Gudang Galau
18. Es Panas
19. ParahMen
20. Cap Kaki Tiga
21. FucekBoy
22. WkwkwkLand
23. +62 People
24. Peti Ghana
25. Pria Buaya
26. Tambahkan sendiri sesuai kreasi dan inovasimu ya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.